About

Host: Rum Aly. Penulis buku Menyilang Jalan Kekuasaan Militer Otoriter, Penerbit Buku Kompas, 2004; Titik Silang Jalan Kekuasaan Tahun 1966, Kata Hasta Pustaka, 2006. Editor (bersama Dr OC Kaligis) buku Symptom Politik 1965, Kata Hasta Pustaka, 2007. Mitra penulisan bagi Dr Midian Sirait, Revitalisasi Pancasila, Kata Hasta Pustaka, 2008. Editor buku Ir Effendi Siradjuddin, Memerangi Sindrom Negara Gagal, Kata Hasta Pustaka, 2009. Editor buku Ir Effendi Siradjuddin, Nation in Trap, Entrepreneurial State 2020/Pustaka Pelajar, 2012. Aktivis pers 1967-1974, Pemimpin Redaksi Mingguan Mahasiswa Indonesia, Bandung (1971-1974) yang dibreidel Januari 1974 pasca Peristiwa 15 Januari. Menjadi tim analisa bagi sejumlah institusi selama beberapa tahun.

Kontribusi tulisan: Bila anda ingin mengkontribusikan pemikiran, lebih dari sekedar komentar ringkas, anda dapat mengirimkan tulisan ke e-mail: rum_aly_x@yahoo.com dan akan di-posting pada blog ini.

Buku-buku referensi:

TITIK SILANG JALAN KEKUASAAN TAHUN 1966 - Mitos dan Dilema: Mahasiswa Dalam Proses Perubahan Politik 1959-1970. Oleh Rum Aly, Penerbit Kata Hasta Pustaka, Jakarta, Juli 2006. Referensi Tema: Parakitri T. Simbolon, Marzuki Darusman, Chairuman Harahap, Anhar Gonggong, Prabowo. Tim Diskusi Ahli: Marzuki Darusman, Anhar Gonggong, Noke Kiroyan, Abdul Hadi WM, Prabowo.

MENYILANG JALAN KEKUASAAN MILITER OTORITER – Gerakan Kritis Mahasiswa Bandung di Panggung Politik Indonesia 1970-1974. Oleh Rum Aly, Penerbit Buku Kompas, Jakarta Juni 2004. Referensi Tema: Hatta Albanik, Anhar Gonggong, Marzuki Darusman, Syamsir Alam. Peneliti dan penasehat aspek hukum: Denny Kailimang.

SIMTOM POLITIK 1965 – PKI Dalam Perspektif Pembalasan dan Pengampunan. Editor: OC Kaligis-Rum Aly. Penerbit Kata Hasta Pustaka, 2007. Para penulis: Adjat Sakri, Alex Rumondor, Aminullah Adiwilaga/Adjan Sudjana, Anhar Gonggong, Arief Budiman, Aswar Aly, Chairuman Harahap, Cosmas Batubara, Fahmi Idris, Hotmangaradja Pandjaitan, HR Dharsono, Marion Muen Yong, Marzuki Darusman, MAW Brouwer, Mochtar Lubis, MT Zen, Nono Anwar Makarim, Otto Cornelis Kaligis, Prabowo, RAF Mully, Rahman Tolleng, Rum Aly, Saini KM, Sanento Juliman, Sarwono Kusumaatmadja, Soe Hok-gie, Syamsir Alam, Syukri Suaidy, Taufiq Ismail, Try Sutrisno, Wiratmo Soekito.

REVITALISASI PANCASILA – Catatan-catatan Tentang Bangsa yang Terus Menerus Menanti Perwujudan Keadilan Sosial. Oleh Dr Midian Sirait. Mitra penulisan, Rum Aly. Penerbit Kata Hasta Pustaka, Jakarta November 2008. Referensi Tema: A. Rahman Tolleng, Marzuki Darusman, Anhar Gonggong, Abdul Hadi WM.

About these ads

33 Comments on “About”

  1. Max Wilar June 29, 2009 at 12:06 PM #

    Hari ini, 29 Juni 2009, di Kaliurang, untuk pertama kali saya membuka website saudaraku Rum Aly. Saya pikir sangat positif bila gagasan-gagasan kebangsaan disebarkan untuk pencerahan dan pencerdasan kita bersama. Dari titik itu website saudaraku Rum Aly akan mempertemukan kita di titik dialogis.
    Salam
    Max Wilar
    Direktur Eksekutif
    Lembaga Pengkajian Strategi Reformasi Pembangunan (LPSRP)
    lpsrp@yahoo.com
    08128404151

  2. Rinaldi July 8, 2009 at 5:34 AM #

    Kapan pak, menulis tentang gerakan Islam politik (yang dalam hal ini direpresentasikan oleh organisasi Hizbut Tahrir Indonesia), yang sepertinya ramai dan ‘makin berani’ pasca tumbangnya rezim Orba?

    Meskipun tergolong minoritas, dakwah HT begitu gencar. Suaranya lantang di jalan-jalan, dan seringkali ideologinya dinaungi oleh media-media Islam tertentu. HT senang sekali mengkritik demokrasi, tapi anehnya, mereka justru bisa eksis akibat demokrasi. Di negeri asalnya sendiri, di Mesir, HT adalah organisasi terlarang karena sifatnya yang subversif.

    Ini wacana yang menurut saya cukup menarik. Karena selepas keluar dari tekanan rezim orba yang represif, Indonesia diancam oleh gerakan-gerakan Islam politik yang keras seperti HT.

    Memang agak dilema. Di satu sisi demokrasi dan kebebasan harus ditegakkan, tapi di sisi lain, hal itu mengakibatkan menjamurnya gerakan-gerakan ‘keras’ yang mengancam demokrasi dan kebebasan.

    • sociopolitica July 11, 2009 at 2:11 AM #

      Terima kasih comment dan saran anda. Saya juga mengikuti mengenai HT, tetapi sejauh ini referensi yang saya miliki belum cukup ‘kuat’ untuk menjadi bahan penulisan saat ini. Wassalam, Rum Aly.

  3. romailprincipe August 4, 2009 at 2:44 PM #

    dah saya link balik..thx..
    tetap menulis..
    usul, gimana kalau melihat baharuddin lopa atau agus wirahadikusuma
    2 orang yang “lewat” dengan cepat..semua tau kan reputasi selama almarhum berkarya?

  4. filsafatindonesia1001 August 15, 2009 at 12:40 AM #

    Tulisan-tulisan yang bermutu. Terimakasih atas pencantuman site saya . Semoga kita bisa saling bertukar pengetahuan, ilmu, wawasan dan wacana. Bagi pemikir yang indah itu adalah pemikiran. Semoga saya punya waktu lebih banyak untuk membaca artikel-artikel di site ini. Karena pada dasarnya sejarah merupakan bagian yang mendewasakan dan kedewasaan hidup kita, hidup manusia. Ok, teruslah menulis, teruslah menggugat, teruslah sampaikan apa yang seharusnya diketahui. Salam untuk semua dengan salam yang penuh rasa cinta yang sewajarnya untuk sesama.

  5. KangBir September 28, 2009 at 4:36 AM #

    trims kunjungannya link udah dipasang di http://kangbir.wordpress.com
    Ditunggu buku-buku berikutnya

  6. romailprincipe October 25, 2009 at 4:21 AM #

    Dear Sociopolitica, saya baru mengetahui hubungan Machiaveli dengan IL Principe yang anda katakan dulu di blog saya, itupun karena tak sengaja membaca buku..hehe..SEpertinya IL Principe sendiri artinya adalah Sang Pangeran, hubungannya dengan Totti –> Ia adalah pangeran Roma, judul buku Machiavelli sendiri saya kurang jelas kenapa diberi judul IL Principe..
    Salam

    • sociopolitica October 29, 2009 at 1:24 AM #

      Betul, il principe, adalah ‘sang pangeran’. Ajarannya tentang teknik memelihara kekuasaan juga banyak dipraktekkan kalangan penguasa dan politisi Indonesia dulu maupun kini. Salam untuk anda.

    • isharjatno13i August 24, 2013 at 2:42 AM #

      Jika tak salah mengutip dari berbagai referensi, terminologi “il principe” itu memang disengajakan oleh Machiavelli, karena buku itu memang dipersembahkannya untuk pangeran De Medici, dari dinasti penguasa wilayah Toscana yang berkedudukan di Firenze (Kota asal klub sepakbola AC Fiorentina).

  7. aRuL November 22, 2009 at 12:25 AM #

    Salam kenal pak, wah penulis buku keren nih…

    • sociopolitica November 22, 2009 at 10:41 PM #

      Terima kasih untuk salam kenal anda.

  8. Rinaldiwati December 4, 2009 at 1:39 AM #

    Kurang lebih, begitulah alur pikir saya pak. Hehehe… terima kasih komentarnya.

    Btw, kemaren-kemaren saya gabung di Kompasiana. Rupanya cukup ramai dan menarik. Sekedar saran, mungkin bagus buat bapak ikut gabung di sana. Supaya tulisan-tulisan bapak lebih banyak dibaca orang.

  9. kopral cepot January 24, 2010 at 1:49 AM #

    salam kenal … terus terang sy baru berkungjung ke blog ini.. banyak hal yang menarik di sinih .. mohon ijin link

    hatur tararengkyu ;)

    • sociopolitica January 25, 2010 at 2:31 AM #

      Terima kasih atas kunjungan. Blog anda akan dicantumkan dalam link.

      • kopral cepot January 25, 2010 at 6:36 AM #

        hatur tararengkyu ;)

  10. hachiko May 4, 2010 at 2:48 AM #

    bagaimana mengenai buku oleh John Roosa, apakah anda berniat membuat resensinya ?

    • sociopolitica May 4, 2010 at 5:34 AM #

      Semacam resensi ringkas sebenarnya pernah dimuat di blog ini, yakni oleh saudara Wandha, yang dibandingkan dengan 4 buku lainnya mengenai peristiwa yang sama. Tetapi setelah dilarang, buku itu menjadi menarik untuk diresensi tersendiri pada waktunya.

  11. PMB May 9, 2010 at 1:46 PM #

    SOMAL akan kembali brtemu tgl 13 s/d 15 Mei 2010 di Yogyakarta.
    IMADA (Marsilam, Rocky), MMB (Herman), PMB (Siswono, Rahmat W), IMABA (Hery), IMAYO (Transtoto), GMS (Momok) …. dan sekitar 200 orang tim hura-hura.

  12. Mikail October 5, 2010 at 12:59 PM #

    salam knal pak,,,
    blognya bagus,,,thanx infonya

  13. fahrudin October 22, 2010 at 7:35 AM #

    Great..generasi muda sekarang harus banyak belajar sejarah. agar melangkah lebih arif. tidak asal mengekor. tidak asal berkomuni. namun harus memahami betul arah tujuan komuni atau organisasi yang diikutinya..Merdeka!!

  14. Budi Yoga Soebandi December 24, 2010 at 4:20 PM #

    terimakasih kepada bung Rum Ally

    • sociopolitica December 25, 2010 at 12:34 AM #

      Sama-sama, bung Budi YS. Selamat menyongsong Tahun Baru 2011.

  15. Karmida P. May 30, 2011 at 8:37 AM #

    Banyak wartawan terkejut dengan konferensi pers SBY tadi pagi. Apa maksud dia membuat berbagai pernyataannya itu? Dia mengklaim difitnah dan menyatakan ingin membela orang-orang yang difitnah. Parahnya lagi SBY memaknai demokrasi hanya sebatas kebebasan berbicara bukan pembangunan umum rakyat dan pensejahteraannya. Hari-hari SBY sepertinya hanya ingin merebut pikrian rakyat. SBY juga masih terus sensi. SBY menghantam tanpa sararan jelas sehingga semua orang terutama media bingung. Dia senang nembak sana nembak sini,a tau balik menuding dengan mengatakan bahwa ada yang membonceng tetapi dia lupa dia telah ikut memboncengi dengan pernyataannya tersebut yaitu membonceng agar dibela rakyat. SBY bahkan masih suka melakukan pembenaran dan klaim-klaim keberhasilan yang tidak jelas dan bohong serta bukan untuk rakyat umum. Dari sangat banyak konferensi pers yang tidak perlu, SBY tampaknya lebih suka mengikuti bisikan staf agar dia bicara ini itu agar tetap ada anggaran konferensi pers dan untuk pencitraan. Tetapi tentu mudah diduga bahwa konferensi persnya tampaknya memang sangat dimaksudkan untuk mengalihkan isu atas skandal terbaru yang melanda orang-orang partainya. Harusnya SBY diam, tidak sensitif dan lebih baik membuktikan pembangunan berorientasi umum rakyat, misalnya menambah gerbong-gerbong KRL yang banyak, yang harsnya tak ditunda-tunda lagi. Pemimpin yg baik pasti sedikit bicara banyak berbuat bukan sebaliknya.

  16. PMB Bandung June 13, 2011 at 9:27 AM #

    Bagus….

  17. nirwan June 14, 2011 at 10:38 AM #

    Salam kenal Pak Rum Aly. Saya akan belajar banyak di sini. :)

    salam
    nirwan dari medan

    • sociopolitica June 17, 2011 at 12:54 PM #

      Salam untuk anda. Kita bisa saling belajar.

  18. dildaar80 August 13, 2011 at 8:05 AM #

    Salam kenal..sy belajar banyak di blog ini.

  19. panjikeris March 23, 2012 at 1:12 PM #

    Salam.. blognya menarik. Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari blog ini.

  20. aji March 30, 2012 at 12:56 PM #

    Terima kasih atas informasinya Pak, cukup menarik dan mendekati kejadian yang sebenarnya, saya dapat membenarkan isi dari pemberitaan ini berdasarkan pembicaraan dan informasi dari para sesepuh saya di pergerakan dalam rangka mempertahankan dan memperjuangkan NKA N11 7849 yang saat ini memasuki generasi ketiga pasca imam smk. Betapapun demikian, apapun tujuan Bapak memberitakan hal ini semoga Bapak mendapat hidayah dan berjuang bersama kami dalam ad dienul haq.

    billahi sabilil haq.
    wasalam.

  21. Alex Rumondor January 15, 2013 at 9:45 AM #

    Menarik, dan terimakasih atas paparan kiprah angkatan 1966, yang didalamnya ada ayah saya alm. Alex Rumondor (senior)….

  22. Allys April 13, 2014 at 9:13 AM #

    Sebenarnya saya telah mengikuti blog ini sejak tahun 2013 namun masih banyak tulisan yang belum saya baca maklum ibu rumah tangga ternyata sibuk juga hehe. Tapi saya bersyukur bisa menemukan blog yang dimulai dengan keyword dosenku yang kritis Drs.Hatta Albanik, Psi. Kli. Tulisan-tulisan yang sangat kaya manfaat terutama untuk generasi muda.

    • sociopolitica April 17, 2014 at 4:28 AM #

      Semoga anda bisa membaca lebih banyak tulisan lainnya. Mungkin bermanfaat sebagai referensi. Terimakasih.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Belajar berlogika dari sang empunya sociopolitica « Biar sejarah yang bicara …….. - March 28, 2010

    [...] institusi selama beberapa tahun. Sang empu dari blog sociopolitica mengenalkan diri di halaman About. Sebuah Blog yang membuat saya betah berlama-lama membaca tulisan demi tulisan tiap ada kesempatan [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 96 other followers

%d bloggers like this: